Berdasarkan hasil
studi Programme for International Student Assessment (PISA)
2018 yang dirilis serentak pada hari Selasa, 3 Desember 2019 akan memberikan
perspektif baru dan berbeda untuk setiap negara karena setiap negara akan
diajak untuk melihat system Pendidikan negara lainnya yang sama atau pun yang
lebih baik dari negara tersebut. Selain itu, melalui hasil studi PISA 2018,
kita dapat memperhatikan apa yang dapat dilakukan siswa dari apa yang mereka
pelajari di sekolah dan tidak hanya memperhatikan penguasaan siswa terhadap
materi tertentu. Namun, dalam hasil menunjukkan masih terdapat inequality untuk
beberapa negara dengan penyebabnya yaitu kurikulum pendidikan negara tertentu
tidak dapat membuat siswa terbiasa dengan soal yang diujikan pada PISA 2018
karena soal-soal ujian di beberapa negara memiliki tingkat kesulitan di bawah
PISA sementara soal-soal pada PISA 2018 sudah berbasis HOTS karena sudah
menerapkan penggunaan revisi taksonomi Bloom dalam sistem pendidikannya.
Berdasarkan
permasalahan tersebut, apabila kita melihat beberapa negara dengan hasil PISA
2018 yang rendah ada karena beberapa factor. Salah satunya yaitu karena sistem
pembelajaran yang belum mampu membiasakan siswa untuk menyelesaikan soal dengan
tingkat kesulitan tinggi. Salah satu cara untuk membiasakan siswa mampu
menyelesaikan soal dengan tingkat kesulitan tinggi adalah melalui pembelajaran
adaptif. Selain itu, pembelajaran ini mampu mengetahui potensi diri yang
dimiliki oleh siswa.
Lalu, apa sih yang dimaksud pembelajaran adaptif? Bagaimana penjelasan lebih lengkapnya? Kita simak sajiannya di next post. Don’t miss it!
"Tujuan
pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta
memperhalus perasaan."
- Tan Malaka
Referensi:
Kumar, S., Kumar, N.,
& Vivekadhish, S. (2016). Millennium development goals (MDGS) to
sustainable development goals (SDGS): Addressing unfinished agenda and
strengthening sustainable development and partnership. Indian journal
of community medicine: official publication of Indian Association of Preventive
& Social Medicine, 41(1), 1.
United Nations Sustainable Development – 17 Goals to
Transform Our World
No comments:
Post a Comment